Selamat Datang Di "Storya Tube" Semoga Website Ini dapat Bermanfaat Untuk Anda

Sunday, August 28, 2016

Marketing Management “Kotler & Keller”


Bauran Pemasaran 4P


Apa itu Pemasaran ??
Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan  seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan Organisasi dan para pemilik sahamnya
Apa itu management pemasaran ??
Manajemen Pemasaran adalah art and science (seni & Ilmu) Untuk memilih pasar sasaran serta mendapatkan, mempertahankan, dan menambah jumlah pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan pengkomunikasian nilai pelanggan yang unggul.
Pada intinya adalah bagaimana kita mengatur pemasaran agar mencapai target yang kita inginkan
Org dapat mengasumsikan akan selalu ada kebutuhan penjualan. Akan tetapi, tujuan pemasaran bukan untuk memperluas penjualan hingga kemana-mana. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan. Idealnya Pemasaran hendaknya menghasilkan seorang pelanggan yang siap membeli. Semua yang dibutuhkan selanjutnya adalah menyediakan produk atau jasa itu.”
-Peter Drucker-

Ada 5 persyaratan dalam Pertukaran, yaitu :
1.      Sekurang-kurangnya ada dua pihak
2.      Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang bisa bernilai bagi pihak lain.
3.      Masing-masing pihak mampu mengkomunikasikan dan menyerahkan sesuatu
4.      Masing-masing pihak bebas utk menerima atau menolak imbalan perukaran
5.      Masing-masing pihak yakin bahwa bertransaksi dengan pihak lain merupakan tindakan yang tepat dan diinginkan
Status Permintaan dan Tugas Pemasaran
n  Permintaan negatif :
¨ Konsumen tdk menyukai produk dan bahkan mungkin membayar untuk menghindarinya c: vaksinasi
n  Tidak ada permintaan
¨ Tdk sadar/tdk berminat thd produk tt c: mhs tdk suka belajar bhs asing
n  Permintaan laten
¨ Kons memiliki kebutuhan yg kuat yg tdk dpt dipuaskan ol produk yg sdh ada c : rokok yg sehat
n  Permintaan merosot
¨ C : PT kekurangan mahasiswa yg mendaftar
¨ Permintaan tidak teratur
¨ Bersifat musiman, harian. C: angkutan umum sepi dlm wkt2 tertentu -- Synchromarketing
n  Permintaan penuh
¨ Konsumen mempertahankan tk permintaan. Perpuas dgn perush. Tugas pemasaran adlh ush hrs mempertahankan dan memperbaiki mutunya dan terus menerus mengukur kepuasan konsumen
n  Permintaan berlebihan
¨ Permintaan yg lebih tinggi drpd yg dpt mrk tangani. Tugas pemasaran adl Demarketing, mencari cara mengurangi permintaan seperti menaikkan harga, mengurangi promosi utk beberapa bagian yg tdk menguntungkan.
n  Permintaan tak sehat
¨ Produk tdk sehat – rokok, alkohol

Orientasi Perusahaan terhadap Pasar :
Produksi : menegaskan bahwa konsumen akan memilih produk yang tersedia dimana-mana dan murah
Produk : konsumen akan lbh mnyukai produk-produk yg menawarkan fitur-fitur paling bermutu, berprestasi atau inovatif
Penjualan : Organisasi hrs melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif
Pemasaran :  perushaan harus menjadi lebih efektif dibandingkan pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang dipilih


Marketing Mix and the Customer


Four Ps
n  Product (produk)
n  Price (harga)
n  Place (tempat)
n  Promotion (promosi)
Four Cs
n  Customer solution (solusi pelanggan)
n  Customer cost (biaya atau harga pelanggan
n  Convenience (kenyamanan)
n  Communication (komunikasi)



I want it, I need it…..
5 jenis kebutuhan hidup manusia :
n  Kebutuhan yang dinyatakan (stated needs)
pelanggan menginginkan sebuah mobil murah
n  Kebutuhan riil (Real needs)
            pelanggan menginginkan sebuah mobil bukan soal harga awalnya, melainkan biaya operasinya murah
n  Kebutuhan yg tidak dinyatakan (Unstated needs)
            pelanggan mengharapkan layanan yang baik dari dealer
n  Kebutuhan akan kesenangan (Delight needs)
            pelanggan akan suka kalau dealer memasukkan sistem navigasi onboard
n  Kebutuhan rahasia (Secret needs)
            pelanggan ingin terlihat oleh para sahabat sebagai konsumen yang cerdas

Tugas Manajemen Pemasaran:


n  Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
n  Merebut pencerahan pemasaran
n  Berhubungan dengan pelanggan
n  Membangun merek yg kuat
n  Membentuk tawaran pasar
n  Menghantarkan nilai
n  Mengkomunikasikan nilai
n  Menciptakan pertumbuhan jangka panjang



0 komentar:

Post a Comment