Selamat Datang Di "Storya Tube" Semoga Website Ini dapat Bermanfaat Untuk Anda

Sunday, August 28, 2016

Perilaku Konsumen (Consumen Behavior) Bab Motivasi Dan Kebutuhan

Consumen Behavior Bab Motivasi Dan Kebutuhan

 

Apa itu motivasi ??

Motivasi menurut pendapat para ahli, yaitu :

-         - Schiffman dan Kanuk (2000)
Motivation can be described as driving forcewithin individuals that impels them to action. This driving force is produced by state of tension,  which exists as the result of an unfulfilledneed

-         - Solomon (1999)
Motivation refers to the processes that cause people to behave as they do. It occurs when a need is aroused that the consumer wishes to satisfy . Once a need has been activated, a state of tension exists that drives the consumer to attempt to reduce or eliminate the need.
-         Mowen dan Minor (1998)
Motivation refers to an activated state within a person that leads to goal-directed behavior. It consists of the drives, urges, wishes, or desires that initiate the sequence of events leading to a behavior.

Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen.
Kebutuhan muncul karena  konsumen merasakan ketidaknyaman antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan.

         Faktor diri konsumen sendiri (fisiologis)
         rasa lapar
         rasa haus
         Faktor luar konsumen
         aroma makanan
         iklan

Teori Kebutuhan menurut (Maslow) :
         Aktualisasi Diri
         Kebutuhan Ego
         Kebutuhan Sosial
         Kebutuhan Rasa Aman
         Kebutuhan Fisiologis

  
Berbagai macam kebutuhan :
  1. Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan tubuh manusia untuk mempertahankan hidup. Kebutuhan tersebut meliputi air, udara, rumah, pakaian, dan seks.
  2. Kebutuhan rasa aman adalah kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan dasar. Ini merupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia.
  3. Kebutuhan sosial, manusia membutuhkan rasa cinta dari orang lain, rasa memiliki dan dimiliki, serta diterima oleh orang-orang sekelilingnya.
  4. kebutuhan ego adalah kebutuhan untuk berprestasi sehingga mencapai derajat yang lebih tinggi dari yang lainnya.
  5. Kebutuhan aktualisasi diri, yaitu berhubungan dengan keinginan dari seorang individu untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang terbaik sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya.
  6. Kebutuhan afiliasi adalah keinginan manusia untuk membina hubungan dengan sesamanya, mencari teman yang bisa menerimanya, ingin dimiliki oleh orang-orang sekelilingnya, dan ingin memiliki orang-orang yang bisa menerimanya. Kebutuhan afiliasi memiliki kesamaan dengan kebutuhan sosial dari teori Maslow.
  7. Kebutuhan sukses adalah keinginan manusia untuk mencapai prestasi, reputasi, dan karir yang baik. Kebutuhan sukses memiliki kesamaan dengan kebutuhan ego dan kebutuhan aktualisasi diri dari teori Maslow.



0 komentar:

Post a Comment