Selamat Datang Di "Storya Tube" Semoga Website Ini dapat Bermanfaat Untuk Anda

Ini adalah website Jurnalis kami

Dapatkan Informasi Menarik Di website ini

Ilmu

Ilmu adalah harta yang sangat berharga, maka carilah Ilmu Sebanyak-banyaknya.

Info Sinopsis Film

Ini adalah Kumpulan Dari Sinopsis Terbaik Di Dunia.

My-Video

Video merupakan rangkaian cerita berjalan, dengan adanya video memungkinkan kita berinteraksi dengan orang diseluruh dunia dengan mudah.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sunday, August 28, 2016

Marketing Management “Kotler & Keller”


Bauran Pemasaran 4P


Apa itu Pemasaran ??
Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan  seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan Organisasi dan para pemilik sahamnya
Apa itu management pemasaran ??
Manajemen Pemasaran adalah art and science (seni & Ilmu) Untuk memilih pasar sasaran serta mendapatkan, mempertahankan, dan menambah jumlah pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan pengkomunikasian nilai pelanggan yang unggul.
Pada intinya adalah bagaimana kita mengatur pemasaran agar mencapai target yang kita inginkan
Org dapat mengasumsikan akan selalu ada kebutuhan penjualan. Akan tetapi, tujuan pemasaran bukan untuk memperluas penjualan hingga kemana-mana. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan. Idealnya Pemasaran hendaknya menghasilkan seorang pelanggan yang siap membeli. Semua yang dibutuhkan selanjutnya adalah menyediakan produk atau jasa itu.”
-Peter Drucker-

Ada 5 persyaratan dalam Pertukaran, yaitu :
1.      Sekurang-kurangnya ada dua pihak
2.      Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang bisa bernilai bagi pihak lain.
3.      Masing-masing pihak mampu mengkomunikasikan dan menyerahkan sesuatu
4.      Masing-masing pihak bebas utk menerima atau menolak imbalan perukaran
5.      Masing-masing pihak yakin bahwa bertransaksi dengan pihak lain merupakan tindakan yang tepat dan diinginkan
Status Permintaan dan Tugas Pemasaran
n  Permintaan negatif :
¨ Konsumen tdk menyukai produk dan bahkan mungkin membayar untuk menghindarinya c: vaksinasi
n  Tidak ada permintaan
¨ Tdk sadar/tdk berminat thd produk tt c: mhs tdk suka belajar bhs asing
n  Permintaan laten
¨ Kons memiliki kebutuhan yg kuat yg tdk dpt dipuaskan ol produk yg sdh ada c : rokok yg sehat
n  Permintaan merosot
¨ C : PT kekurangan mahasiswa yg mendaftar
¨ Permintaan tidak teratur
¨ Bersifat musiman, harian. C: angkutan umum sepi dlm wkt2 tertentu -- Synchromarketing
n  Permintaan penuh
¨ Konsumen mempertahankan tk permintaan. Perpuas dgn perush. Tugas pemasaran adlh ush hrs mempertahankan dan memperbaiki mutunya dan terus menerus mengukur kepuasan konsumen
n  Permintaan berlebihan
¨ Permintaan yg lebih tinggi drpd yg dpt mrk tangani. Tugas pemasaran adl Demarketing, mencari cara mengurangi permintaan seperti menaikkan harga, mengurangi promosi utk beberapa bagian yg tdk menguntungkan.
n  Permintaan tak sehat
¨ Produk tdk sehat – rokok, alkohol

Orientasi Perusahaan terhadap Pasar :
Produksi : menegaskan bahwa konsumen akan memilih produk yang tersedia dimana-mana dan murah
Produk : konsumen akan lbh mnyukai produk-produk yg menawarkan fitur-fitur paling bermutu, berprestasi atau inovatif
Penjualan : Organisasi hrs melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif
Pemasaran :  perushaan harus menjadi lebih efektif dibandingkan pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang dipilih


Marketing Mix and the Customer


Four Ps
n  Product (produk)
n  Price (harga)
n  Place (tempat)
n  Promotion (promosi)
Four Cs
n  Customer solution (solusi pelanggan)
n  Customer cost (biaya atau harga pelanggan
n  Convenience (kenyamanan)
n  Communication (komunikasi)



I want it, I need it…..
5 jenis kebutuhan hidup manusia :
n  Kebutuhan yang dinyatakan (stated needs)
pelanggan menginginkan sebuah mobil murah
n  Kebutuhan riil (Real needs)
            pelanggan menginginkan sebuah mobil bukan soal harga awalnya, melainkan biaya operasinya murah
n  Kebutuhan yg tidak dinyatakan (Unstated needs)
            pelanggan mengharapkan layanan yang baik dari dealer
n  Kebutuhan akan kesenangan (Delight needs)
            pelanggan akan suka kalau dealer memasukkan sistem navigasi onboard
n  Kebutuhan rahasia (Secret needs)
            pelanggan ingin terlihat oleh para sahabat sebagai konsumen yang cerdas

Tugas Manajemen Pemasaran:


n  Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
n  Merebut pencerahan pemasaran
n  Berhubungan dengan pelanggan
n  Membangun merek yg kuat
n  Membentuk tawaran pasar
n  Menghantarkan nilai
n  Mengkomunikasikan nilai
n  Menciptakan pertumbuhan jangka panjang



Perilaku konsumen (consumen behavior) bab SENSASI DAN PERSEPSI

consumen behavior Bab SENSASI DAN PERSEPSI

Sensasi adalah respon langsung dari reseptor sensorik kita (mata, telinga, hidung, mulut, dan jari) terhadap rangsangan dasar (cahaya, warna, suara, bau, dan tekstur).
Persepsi adalah proses dimana sensasi yang dipilih, terorganisir, dan diinterpretasikan

Aspek-Aspek Persepsi Itu Meliputi :
-          Seleksi
-          Pengelompokan
-          Interpretasi

Bagaimana Membuat Sensasi Pada System Digital ?? Yaitu Dengan:
         Memanfaatkan Warna, Bau, Suara Dan Selera
         Memanfaatkan Iklan Di Radio, Iklan Tv Dan Papan Billboards
         Warna Sebagai Bentuk Ungkapan Emosi
         Warna Sebagai Budaya 
         Menambah Warna Yang Ada Di Amerika Lebih Cerah Dan Kompleks.
         Memanfaatkan Pakaian Sebagai Perdangangan
  

Perilaku Konsumen (Consumen Behavior) Bab Motivasi Dan Kebutuhan

Consumen Behavior Bab Motivasi Dan Kebutuhan

 

Apa itu motivasi ??

Motivasi menurut pendapat para ahli, yaitu :

-         - Schiffman dan Kanuk (2000)
Motivation can be described as driving forcewithin individuals that impels them to action. This driving force is produced by state of tension,  which exists as the result of an unfulfilledneed

-         - Solomon (1999)
Motivation refers to the processes that cause people to behave as they do. It occurs when a need is aroused that the consumer wishes to satisfy . Once a need has been activated, a state of tension exists that drives the consumer to attempt to reduce or eliminate the need.
-         Mowen dan Minor (1998)
Motivation refers to an activated state within a person that leads to goal-directed behavior. It consists of the drives, urges, wishes, or desires that initiate the sequence of events leading to a behavior.

Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen.
Kebutuhan muncul karena  konsumen merasakan ketidaknyaman antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan.

         Faktor diri konsumen sendiri (fisiologis)
         rasa lapar
         rasa haus
         Faktor luar konsumen
         aroma makanan
         iklan

Teori Kebutuhan menurut (Maslow) :
         Aktualisasi Diri
         Kebutuhan Ego
         Kebutuhan Sosial
         Kebutuhan Rasa Aman
         Kebutuhan Fisiologis

  
Berbagai macam kebutuhan :
  1. Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan tubuh manusia untuk mempertahankan hidup. Kebutuhan tersebut meliputi air, udara, rumah, pakaian, dan seks.
  2. Kebutuhan rasa aman adalah kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan dasar. Ini merupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia.
  3. Kebutuhan sosial, manusia membutuhkan rasa cinta dari orang lain, rasa memiliki dan dimiliki, serta diterima oleh orang-orang sekelilingnya.
  4. kebutuhan ego adalah kebutuhan untuk berprestasi sehingga mencapai derajat yang lebih tinggi dari yang lainnya.
  5. Kebutuhan aktualisasi diri, yaitu berhubungan dengan keinginan dari seorang individu untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang terbaik sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya.
  6. Kebutuhan afiliasi adalah keinginan manusia untuk membina hubungan dengan sesamanya, mencari teman yang bisa menerimanya, ingin dimiliki oleh orang-orang sekelilingnya, dan ingin memiliki orang-orang yang bisa menerimanya. Kebutuhan afiliasi memiliki kesamaan dengan kebutuhan sosial dari teori Maslow.
  7. Kebutuhan sukses adalah keinginan manusia untuk mencapai prestasi, reputasi, dan karir yang baik. Kebutuhan sukses memiliki kesamaan dengan kebutuhan ego dan kebutuhan aktualisasi diri dari teori Maslow.